5 Pola Hidup Sehat Untuk Investasi di Hari Tua

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

grandmother playing with granddaughter outdoors park

Pola hidup sehat adalah sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh, sehingga berdampak baik untuk kesehatan.

Beberapa upaya bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat diantaranya menjaga asupan makanan sehat dengan diet dan nutrisi, rutin berolahraga, melakukan kegiatan positif yang berguna untuk menghindari stress, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang dapat dilakukan.

Jika kita menjaga pola hidup kita, hal ini akan berdampak bagi kesehatan di masa depan. Jadi kesehatan juga merupakan investasi bagi diri sendiri, karena semua orang pasti ingin sehat dan terhindar dari penyakit.

Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga diri kita tetap sehat di hari ini dan di masa tua nanti. Berikut adalah 5 cara menerapkan pola hidup sehat untuk investasi di masa tua:

 

Sempatkan Untuk Berolahraga

Berolahraga akan membuat otot-otot yang tegang kembali renggang, olahraga baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal dua setengah jam setiap minggunya.

Lakukanlah olahraga ringan di rumah seperti senam dan yoga atau dapat juga berlari, bersepeda, dan berenang. Banyak ahli juga merekomendasikan untuk berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari dalam menjaga kesehatan tulang.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus, serta membantu mempelajari hal-hal baru. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur di malam hari, meski setiap orang mungkin berbeda kebutuhannya.

Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap stabil. Akan lebih baik jika tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Minum Air Putih yang Cukup

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga dapat menambahkan irisan lemon, jeruk atau timun untuk membuat air menjadi lebih segar.

Sebaiknya, hindari minuman ringan bergula dan minuman berenergi karena termasuk sumber utama kalori yang tak bernutrisi, serta dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe-2. Selain itu, hindari pula alkohol karena dapat memberi efek negatif pada tubuh.

Memilih Makanan yang Baik

Pola makan yang sehat dan seimbang juga dapat membantu tubuh untuk menyediakkan energi dan menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kronis seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.

Pastikan dalam piring Anda terdapat cukup protein yang berasal dari hewani dan nabati, karbohidrat, serat, serta lemak yang baik. Perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.

Memelihara Kesehatan Mental

Memelihara kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jika kesehatan mental kita buruk, hal tersebut akan mempengaruhi energi dan fokus bahkan juga meningatkan peluang terkena penyakit jantung.

Jika merasakan stress karena pekerjaan mungkin bisa melakukan liburan untuk menjernihkan pikiran, jika sudah cemas dan depresi mungkin bisa menceritakannya terlebih dahulu pada orang terdekat tetapi jika sudah masuk pada tahap serius kamu bisa berkonsultasi pada psikiater.

Berikut adalah tips sederhana untuk menerapkan pola hidup sehat untuk hari ini dan hari tua, kamu bisa mulai menerapkan dari yang sederhana seperti minum air yang rutin dan memilih makan yang baik.

 

Sumber: www.bkk-group.com/

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132

  • Telephone:(022) 2533783, (022) 2533704

  • Email: jpkmsuryasumirat@gmail.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2022 JPKM Surya Sumirat. All Rights Reserved.