Hari Kesehatan Nasional, Pandemi Masih ada inilah 6 cara menjaga kesehatan saat pandemi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Pada tahun 2021 ini peringatan hari Kesehatan nasional memasuki peringatan yang ke 57 tahun. Setiap tahunnya dalam peringatan hari Kesehatan nasional selalu ada tema tersendiri yang menggambarkan tujuan dan harapan dari hari Kesehatan nasional. pada hari kesehatan nasional taun 2021 ini indonesia masih menghadapi pandemi covid 19 maska dari itu kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh baik secara fisik maupun mental inilah 6 cara menjaga kesehatan saat pandemi:

6 Cara Menjaga Kesehatan Saat Pandemi

Selain meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh dan mental di masa pandemi. Bagaimana caranya? Simak 6 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi dibawah ini!

Batasi Durasi Menatap Layar (screen time)

Selama pandemi berlangsung, Work from home (WFH) dan sekolah secara online merupakan hal yang lazim ditemui. Terjadi peningkatan durasi menatap layar (screen time) oleh karena sebagian besar pekerjaan harus dilakukan baik melalui ponsel maupun menggunakan komputer atau laptop.

Hal ini menyebabkan meningkatnya angka kejadian computer vision syndrome (CVS). Tips menjaga kesehatan mata untuk mencegah CVS selama masa pandemi ini adalah dengan menerapkan rumus 20-20-20. Istirahatkan mata setelah menatap layar setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat objek yang terletak sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter).

Olahraga Secara Teratur

Saat ini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk melakukan aktivitas di dalam rumah sehingga membuat aktivitas fisik menjadi berkurang. Mempertahankan rutinitas untuk melakukan olahraga di rumah saat ini nampaknya menjadi “harus” dibandingkan dengan “ingin”. Dengan rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik, walaupun dalam jumlah yang kecil, dapat membawa perbedaan yang besar terhadap kesehatan kita.

Lakukan olahraga dengan intensitas sedang dengan total 150 menit dalam 1 minggu atau sekitar 20 menit setiap hari. Aktivitas fisik dengan intensitas sedang berarti tubuh Kamu sedang bekerja, laju pernapasan menjadi lebih cepat, dan mulai berkeringat. Olahraga secara teratur merupakan salah satu tips menjaga kesehatan jantung oleh karena dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung hingga 35%.

Selain menjaga kesehatan jantung, olahraga teratur juga dapat meningkatkan kesehatan secara umum dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menjadi tips untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan.

Luangkan Waktu Untuk Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Larangan untuk berpergian dan anjuran untuk “stay at home” menyebabkan hilangnya waktu untuk bersosialisasi secara tatap muka. Bagi sebagian orang, hal ini dapat menimbulkan stress.

Untuk menjaga kesehatan mental Kamu, luangkanlah waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui ponsel, pesan suara, maupun video call. Tips menjaga kesehatan mental yang lain adalah dengan melakukan aktivitas yang Kamu sukai untuk melepas lelah seperti menonton tv, membaca, ataupun berkebun.

Praktekkan kebiasaan tidur yang baik atau “sleep hygiene

Tidur merupakan salah satu komponen yang sangat penting dari aktivitas keseharian kita. Terlalu lama menghabiskan waktu di dalam rumah membuat kebanyakan orang memiliki jadwal tidur yang tidak teratur. Hal tersebut tentunya perlu dihindari.

Kebiasaan tidur yang baik merupakan salah satu tips untuk menjaga kesehatan tubuh. Waktu tidur yang dianjurkan adalah sekitar 7 hingga 9 jam dalam satu hari dengan jam tidur dan jam bangun yang sama setiap harinya.

Gunakan Pelembab Pada Tangan

Pandemi COVID-19 ini mengharuskan kita untuk sering mencuci tangan baik menggunakan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Mencuci tangan yang terlalu sering dilakukan dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Kulit yang kering dan pecah-pecah dapat memudahkan bakteri dan kuman lain masuk ke dalam tubuh Kamu.

Tips untuk menjaga kesehatan kulit Kamu adalah dengan menggunakan pelembab setelah mencuci tangan. Pelembab dapat mencegah dan membantu mengatasi kulit kering. Jika kulit Kamu menjadi kering setelah menggunakan hand sanitizer, segera gunakan pelembab setelah handsanitizer mengering.

Atur Makanan Yang Kamu Makan

Makan makanan yang sehat sangat penting selama pandemi COVID-19. Apa yang kita makan dan minum dapat mempengaruhi kemampuan tubuh kita untuk mencegah, melawan, dan pulih dari infeksi. Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat secara langsung mencegah atau menyembuhkan infeksi COVID-19, pola makan sehat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah makan berbagai jenis sayur dan buah, kurangi konsumsi garam, kurangi konsumsi lemak dan minyak, batasi jumlah gula yang dikonsumsi, serta minum cukup air setiap hari. Nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan yang lainnya, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Hingga saat ini belum ada bukti bahwa COVID-19 dapat menyebar melalui kontak dengan makanan atau kemasan makanan. Namun, penting untuk selalu menjaga kebersihan saat mempersiapkan makanan untuk mencegah penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan.

 

Sumber:

Kumparan.com

generali.co.id

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132

  • Telephone:(022) 2552364, (022) 2552373

  • Fax:(022) 2533704

  • Email: jpkmsuryasumirat@gmail.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2022 JPKM Surya Sumirat. All Rights Reserved.