10 Alasan Pentingnya Memiliki Jaminan Kesehatan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

granddaughter

 

Jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi vital yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui pentingnya jaminan kesehatan, bahkan meremehkannya. jaminan kesehatan dianggap mahal dan menguras pengeluaran bulanan. Padahal, ada banyak alasan pentingnya jaminan kesehatan untuk kamu miliki.

 

Dengan memiliki jaminan kesehatan, justru kamu sedang berhemat, Dengan demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya pengobatan di kemudian hari.

Memang tidak ada orang yang menginginkan sakit dan berobat. Namun, tidak ada yang dapat memastikan bahwa seseorang akan sehat selamanya. Sakit merupakan salah satu risiko yang harus dihadapi oleh setiap insan yang hidup.

 

Keuntungannya, kamu bisa mengalihkan risiko tersebut kepada perusahaan asuransi untuk menanggungnya. Perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi serta uang pertanggungan jika kamu mengalami sakit dan harus dirawat. Di sinilah letak pentingnya jaminan kesehatan untuk kamu miliki.

 

Definisi jaminan kesehatan adalah pertanggungan asuransi yang membayar serta meng-cover biaya medis, bedah, serta biaya perawatan lainnya yang terkait dengan kesehatan seperti yang tertera dalam polis asuransi. Nantinya, perusahaan asuransi penerbit polis akan mengganti segala biaya yang timbul karena sakit atau cedera, serta membayar biaya perawatan secara langsung.

 

Terdapat 2 cara perusahaan asuransi dalam meng-cover biaya pengobatan. Cara pertama, tertanggung membayar terlebih dahulu semua biaya perawatan dan pengobatan, kemudian perusahaan asuransi akan mengganti semua biaya tersebut setelah proses klaim tersebut disetujui. Sedangkan cara kedua, segala biaya langsung dilimpahkan kepada pihak asuransi, jadi tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang pengobatan terlebih dahulu. Umumnya, cara kedua lebih dipilih oleh para nasabah asuransi.

 

1. Memberi perlindungan/proteksi untuk diri sendiri dan keluarga

 

Alasan pentingnya jaminan kesehatan yang pertama adalah adanya perlindungan atau proteksi untuk diri sendiri dan keluarga. Dengan memiliki jaminan kesehatan, kamu dan keluarga akan mendapatkan proteksi kesehatan. Jika sewaktu-waktu membutuhkan perawatan serta pengobatan, maka asuransi akan meng-cover kebutuhan tersebut. Sakit merupakan kejadian tak terduga yang dapat menimpa siapa saja, termasuk diri sendiri dan keluarga. Oleh karena itu, dengan proteksi yang didapat dari asuransi, maka kamu akan lebih tenang dalam menjalani hidup dan tidak kebingungan jika harus mengeluarkan dana besar untuk kebutuhan berobat. Kamu dan keluarga lebih nyaman dalam beraktivitas karena sudah terproteksi oleh asuransi.

 

2. Menekan risiko kemungkinan hilangnya jumlah uang yang besar

 

Semua orang sadar bahwa biaya pengobatan dan kesehatan saat ini tidak murah. Bahkan biaya tersebut semakin mahal dari hari ke hari. Hal ini berkaitan dengan teknologi di bidang kedokteran yang semakin canggih. Biaya kesehatan mengalami kenaikan sebesar 13% setiap tahunnya. Dengan biaya yang mahal tersebut, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami bangkrut ketika harus membayar biaya pengobatan. Terlebih jika sakit datang tanpa diduga. Disinilah pentingnya jaminan kesehatan yang akan meng-cover biaya pengobatan. Kamu cukup membayar premi setiap bulan atau setiap tahunnya, maka risiko bangkrut akibat mahalnya biaya kesehatan dapat diminimalisir. Faktanya, banyak orang miskin mendadak setelah sakit, lho. Jadi, jangan remehkan jaminan kesehatan ya!

 

3. Menjadi bagian dari perencanaan keuangan yang matang demi masa depan

Dapat menjadi bagian penting dari perencanaan keuangan masa depan juga merupakan salah satu alasan pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Ketika kamu membeli produk jaminan kesehatan, kamu akan memiliki tanggungan untuk membayar premi setiap bulan. Mau tidak mau, kamu harus mengatur keuangan sedemikian rupa agar premi asuransi tetap terbayar tanpa mengganggu pos pengeluaran lainnya. Dari sinilah kamu akan belajar bagaimana merencanakan keuangan dengan baik. Selain itu, dengan adanya jaminan kesehatan, maka perencanaan keuangan akan lebih aman di masa depan. Premi yang kamu sisihkan setiap bulan dapat membantu kepentingan di masa depan. Itulah mengapa jaminan kesehatan sangat perlu untuk dimiliki.

 

4. Menjadi jaring pengaman dalam kondisi tidak terduga

Jika kamu masih bertanya mengenai seberapa pentingkah jaminan kesehatan untuk dimiliki, maka jawabannya adalah sangat penting. Meskipun harus mengeluarkan biaya premi setiap bulan, asuransi nyatanya dapat menjadi jaring pengaman dalam kondisi yang tidak terduga. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, termasuk saat penyakit datang. Meskipun kamu sudah memiliki dana darurat sekalipun, namun dana darurat tersebut bisa saja habis untuk biaya pengobatan jika kamu tidak menggunakan asuransi. Muda dan sehat tidak menjadi jaminan seseorang akan selalu sehat, karena musibah dapat terjadi kapan saja. Sebagai contoh, pandemi COVID-19 yang tiba-tiba menyerang di awal tahun 2020 merupakan kondisi tak terduga. Namun dengan memiliki asuransi dan dana darurat yang cukup, pandemi COVID-19 dapat dilewati dengan lebih tenang. Jadi sudah tahu bukan bagaimana pentingnya jaminan kesehatan untuk dimiliki?

 

5. Mempermudah nasabah untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik

Memiliki jaminan kesehatan sama dengan memiliki akses untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik saat berobat. Nantinya kamu akan mendapatkan pelayanan serta fasilitas kesehatan terbaik sesuai dengan premi yang kamu bayar. Berbagai manfaat pelayanan kesehatan bisa kamu dapatkan seperti rawat inap, biaya kamar ICU, dokter spesialis, pengobatan penyakit kritis, penggantian biaya obat dan resep, rawat jalan, hingga santunan meninggal. Umumnya, rekanan rumah sakit yang diberikan oleh perusahaan asuransi juga merupakan rumah sakit yang kompeten dengan berbagai fasilitas lengkap. Hal ini tentu berbeda dengan pelayanan yang kamu dapatkan jika hanya mengandalkan BPJS saja. Jika BPJS hanya menyediakan faskes tingkat I untuk berobat, berbeda dengan jaminan kesehatan lain dapat memberikan layanan dokter spesialis dan rumah sakit terbaik.

 

6. Memberi efisiensi waktu hingga cara pembayaran

Alasan pentingnya jaminan kesehatan selanjutnya adalah efisiensi waktu serta cara pembayaran jika kamu harus berobat. Fasilitas yang diberikan oleh jaminan kesehatan akan lebih membuat kamu nyaman serta efisien dalam berobat. Ketika sakit, kamu akan mendapatkan penanganan dengan cepat dan segera tanpa perlu memikirkan biaya lagi. Hanya dengan menunjukkan kartu asuransi, maka pihak rumah sakit dapat segera melakukan penanganan tanpa perlu menanyakan biaya administrasi terlebih dahulu. Rumah sakit nantinya akan langsung melimpahkan beban pembayaran kepada pihak asuransi.

 

7. Memberi rasa aman, tenang, dan nyaman

Alasan lain pentingnya jaminan kesehatan untuk dimiliki adalah memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman. Tak dapat dipungkiri bahwa dengan memiliki jaminan kesehatan, kamu akan merasa lebih aman, tenang, dan nyaman dalam menjalani kehidupan. Tidak ada rasa was-was atau takut jika terjadi hal tidak terduga di masa depan. Hal ini dikarenakan kamu memiliki perlindungan atau proteksi kesehatan yang dapat dipakai kapan saja jika dibutuhkan. Dengan memiliki jaminan kesehatan, kamu tidak akan takut merepotkan keluarga maupun orang terdekat jika harus mengeluarkan biaya pengobatan dalam jumlah banyak.

 

8. Mengurangi stress

Datangnya penyakit secara tiba-tiba bisa membuat stress lho, terlebih jika kamu tidak mempersiapkan dana darurat untuk meng-cover pengobatan. Biaya pengobatan yang semakin mahal dari hari ke hari juga menjadi tekanan psikologis tersendiri. Nah, dengan memiliki jaminan kesehatan, maka dapat mengurangi tekanan dan stress yang mungkin terjadi. Asuransi nantinya yang akan meng-cover biaya pengobatan sehingga kamu tidak perlu memikirkan biaya kesehatan. Apalagi jika kamu menambahkan asuransi jiwa, maka stress akan semakin berkurang. Jika terjadi hal-hal tak terduga di kemudian hari, perasaan akan lebih tenang dan terhindar dari stress. Disinilah pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan untuk kamu miliki.

 

9. Melatih diri untuk lebih disiplin dalam mengatur pengeluaran

Terkesan simpel, namun mengumpulkan uang untuk membayar premi jaminan kesehatan ternyata ada manfaatnya. Kamu bisa melatih diri untuk lebih disiplin dalam mengatur pengeluaran. Premi asuransi menjadi tanggungan setiap bulan, itu artinya kamu harus mengatur anggaran tiap bulannya agar pos premi asuransi tidak mengganggu pos-pos pengeluaran yang lain. Anggap saja kamu sedang menabung dan mengumpulkan uang untuk masa depan, meskipun dalam bentuk proteksi.

 

10. Menyediakan kombinasi investasi demi masa depan

Alasan pentingnya jaminan kesehatan dalam kehidupan yang lain adalah sebagai sarana tambahan atau pendukung dalam berinvestasi. Khusus untuk kamu yang membeli asuransi unit link, kamu bisa sekaligus berinvestasi untuk masa depan. Asuransi unit link merupakan kombinasi antara proteksi dengan investasi. Nantinya premi yang kamu bayarkan akan dimasukkan ke dalam dua lini, lini yang pertama digunakan untuk membayar proteksi dan lini yang kedua ditempatkan pada reksadana atau investasi lain dalam bentuk unit link. Dengan membayar sejumlah premi asuransi unit link, kamu akan mendapatkan proteksi sekaligus investasi. Kamu pun tidak perlu bingung dalam mengelola dana investasi karena dalam hal ini perusahaan asuransi akan berperan sebagai manajer investasi.

Itulah 10 alasan pentingnya jaminan kesehatan untuk kehidupan sekarang dan masa depan. jaminan kesehatan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu jaminan kesehatan pribadi, kelompok, swasta, pemerintah, rawat inap, serta rawat jalan. Selain itu ada juga jaminan kesehatan yang tergabung dalam asuransi jiwa. Kamu dapat memilih jenis jaminan kesehatan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Pilih premi asuransi yang tidak memberatkan agar keuangan bulanan tetap seimbang. Pilih juga produk asuransi yang lengkap dengan berbagai manfaat tambahan.

 

Sumber: Qoala.app

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132

  • Telephone:(022) 2552364, (022) 2552373

  • Fax:(022) 2533704

  • Email: jpkmsuryasumirat@gmail.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2021 JPKM Surya Sumirat. All Rights Reserved.