Cara Menghemat Biaya Kesehatan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

10 januari 2022 Artikel IG

Jatuh sakit telah menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Aktivitas terhambat bahkan terhenti dan menguras kantong tentu membuat kita rugi. Sebab saat sakit, kita mesti melakukan pengobatan yang membuat kita harus merogoh kocek.

Besaran uang yang dikeluarkan juga bergantung jenis penyakit yang menimpa. Nah, agar beban keuangan tidak terasa berat saat kita jatuh sakit, ada sejumlah tips untuk memperkecil kerugian yang dapat kita alami. Berikut enam kiat berhemat atas biaya kesehatan yang kita keluarkan saat sedang sakit atau terluka.

Rutin Memeriksa Kesehatan 

Melakukan pemeriksaan secara reguler dapat mencegah atau mengantisipasi penyakit serius lebih awal. Plus, membantu kita juga mendeteksi kemungkinan penyakit yang terjadi. Pemeriksaan secara reguler juga membantu kita memilih produk asuransi yang tepat.

Selalu Menerapkan Gaya Hidup Sehat 

Siapapun pasti tidak mau sakit. Dan salah satu cara ampuh untuk tidak gampang sakit dan punya daya tahan tubuh yang baik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian.

Berbagai langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, rutin olahraga, istirahat cukup, juga selalu berpikir positif. 

Siapkan Obat-obatan di Rumah 

Dengan memiliki stok obat-obatan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) di rumah dapat membantu kita membantu untuk mengambil tindakan pertama untuk mengurangi sakit atau adanya luka di tahap awal. Sebelum kondisi makin parah dengan obatan kategori pertolongan pertama maka infeksi atau peluang sakit serius bisa ditangani sementara. 

Misalnya, kita mengalami sakit kepala kemudian untuk mengurangi sakit tersebut kita mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas. Atau ketika mengalami diare, maka kita mengobatinya dengan mengonsumsi obat antidiare yang dapat membantu kita terhindar dari kondisi tubuh kekurangan cairan. Tapi yang perlu diingat, saat tiga hari sakit tidak kunjung sembuh, kamu harus segera datangi dokter ahli untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Pilih Manfaat Asuransi Kesehatan yang Tepat 

Ketika memilih produk asuransi kesehatan swasta sebagai pendamping asuransi wajib BPJS Kesehatan, cek  dulu manfaat apa yang paling dibutuhkan dan jenis perawatan yang dicover. Misal rawat inap atau rawat jalan, atau juga pilih yang memberi perlindungan keduanya. 

Kamu juga bisa pilih produk asuransi yang memberi manfaat yang disesuaikan dengan riwayat kesehatan kita. Hitung juga dengan teliti apakah membayar premi bulanan justru lebih murah ketimbang membayar premi tahunan. 

Yang tidak kalah penting adalah jaringan kesehatan yang kita pilih, tentu jika kita menginginkan jaringan lebih luas maka harganya bisa lebih tinggi. Sebaliknya pilihan jaringan yang tidak luas akan membuat harga premi lebih murah. 

Minta Resep Terpisah 

Ada beberapa rumah sakit yang memperbolehkan pasiennya membeli obat yang diresepkan dokter secara terpisah. Terkadang, harga obat yang dijual di apotek resmi lebih murah ketimbang membelinya di rumah sakit. Tentu selisih harga obat apotek dan rumah sakit bisa membantu meringankan isi dompet kita. 

Tanyakan lebih dahulu ke dokter apakah tidak masalah jika menebus resep obat di luar rumah sakit. Tanyakan pula apabila kemungkinan obat habis, adakah obat alternatif lain yang bisa dikonsumsi dengan dosis sama dan khasiat yang memang pas. 

Jangan Ragu Bertanya pada Dokter

Layanan kesehatan biasanya tidak bisa di-cover sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan atau asuransi swasta. Sebab terbatas pada batas minimal dan kelas yang membedakan. Apabila kita menginginkan fasilitas lebih maka kita bertanya lebih dahulu sebelum dilakukan penindakan. 

Jangan malu untuk berterus terang dengan kondisi keuangan kita saat sedang berobat. Ambil contoh ketika kita sedang berada di dokter gigi dan melakukan pemeriksaan. Kemudian dokter gigi mengatakan perawatan apa yang harus kita lakukan saat ini, nah bila perawatan yang disarankan tidak di-cover oleh asuransi, hal yang dapat dilakukan adalah bernegosiasi untuk dipilihkan opsi dengan biaya tindakan yang lebih hemat. 

Mengingat biaya kesehatan terbilang mahal, pastikan semua orang sadar untuk selalu menjaga kesehatan dengan langkah hidup sehat dan juga punya langkah antisipasi seperti penjelasan di atas.  

 

Sumber: benefits.bankmandiri.co.id

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132

  • Telephone:(022) 2533783, (022) 2533704

  • Email: jpkmsuryasumirat@gmail.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2022 JPKM Surya Sumirat. All Rights Reserved.