Hindari Kantong Jebol Akibat Biaya Pengobatan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Artboard 1 web

 

Jatuh sakit telah menjadi momok bagi sebagian orang. Aktivitas terhambat bahkan terhenti dan menguras kantong tentu membuat kita rugi. Sebab saat sakit, kita mesti melakukan pengobatan yang membuat kita harus merogoh kocek.

Besaran uang yang dikeluarkan juga bergantung jenis penyakit yang menimpa. Nah, agar beban keuangan tidak terasa berat saat kita jatuh sakit, ada sejumlah tips untuk memperkecil kerugian yang dapat kita alami. Berikut enam kiat berhemat atas biaya kesehatan yang kita keluarkan saat sedang sakit atau terluka.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat dan Konsumsi Gizi Seimbang

Menerapkan pola hidup yang sehat menjadi salah satu cara efektif meringankan beban biaya berobat. Sebab memiliki tubuh yang prima maka kemungkinan Anda terserang berbagai penyakit cukup kecil. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dapat menjadi langkah awal menciptakan hidup yang lebih sehat.

Jagalah keseharian Anda agar tetap aktif dan menghindari perilaku berisiko, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Kurangi konsumsi suplemen dan obat-obatan tanpa resep dokter karena keduanya dapat memberikan efek negatif ketika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tubuh manusia tidak memerlukan terlalu banyak vitamin dan mineral, terutama ketika dalam kondisi sehat. Multivitamin hanya diperuntukkan bagi pasien dalam masa penyembuhan dan harus dengan resep dokter. Ingat, uang yang dihabiskan untuk membeli suplemen dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lain.

 

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui lebih dini masalah kesehatan yang mendera. Bagi ibu hamil jangan ragu untuk menerima perawatan pranatal selama masa kehamilan untuk memastikan Anda dan bayi Anda sehat. Pemeriksaan rutin akan mengurangi resiko masalah kesehatan yang lebih besar yang bisa menyedot biaya berobat Anda dan keluarga dimasa depan. Manfaatkan kartu keanggotaan yang ditawarkan rumah sakit, sebab mereka sering memberikan diskon khusus untuk para member yang tentunya dapat menekan pengeluaran biaya medis Anda.

 

Siapkan Obat-obatan di Rumah 

Dengan memiliki stok obat-obatan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) di rumah dapat membantu kita membantu untuk mengambil tindakan pertama untuk mengurangi sakit atau adanya luka di tahap awal. Sebelum kondisi makin parah dengan obatan kategori pertolongan pertama maka infeksi atau peluang sakit serius bisa ditangani sementara. 

Misalnya, kita mengalami sakit kepala kemudian untuk mengurangi sakit tersebut kita mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas. Atau ketika mengalami diare, maka kita mengobatinya dengan mengonsumsi obat antidiare yang dapat membantu kita terhindar dari kondisi tubuh kekurangan cairan. Tapi yang perlu diingat, saat tiga hari sakit tidak kunjung sembuh, anda harus segera datangi dokter ahli untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

 

Menggunakan Jaminan Kesehatan/Asuransi Kesehatan

Hal pertama yang dapat menjadi solusi ketika anda sakit dan butuh banyak biaya berobat adalah asuransi kesehatan atau jaminan kesehatan. Sebaiknya anda memilih paket yang tepat agar dapat cover sesuai dengan kebutuhan kesehatan anda. JPKM Surya Sumirat dari Borromeus Group menyediakan pilihan paket dengan fasilitas rawat jalan yang tidak dibatasi jumlah kunjungan/unlimited serta paket rawat inap dengan plafon per hari, dengan ini anda bisa lebih mengendalikan pengeluaran keuangan anda agar terhindar dari biaya pengobatan yang tidak terduga.

 

Cari Klinik Dengan harga terjangkau

Jika Anda tidak memiliki proteksi kesehatan dan harus mengeluarkan biaya pengobatan sendiri, memiliki klinik kesehatan dengan berbiaya rendah bisa menjadi pilihan. Apalagi jika Anda mengalami sakit yang tidak begitu parah. Rata-rata puskesmas di Indonesia khususnya di kota besar sudah memiliki perlengkapan medis lengkap bahkan gedungnya hampir menyerupai rumah sakit dengan biaya pemeriksaan kesehatannya sangat terjangkau dan bahkan seringkali gratis.

Kualitas puskesmas atau klinik gratis sangat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Namun, jangan meremehkan sebuah fasilitas kesehatan. Sebab sudah terbukti banyak puskesmas dan klinik gratis yang menjaga kebersihan, sangat terawat dengan baik, dan dikelola cukup baik oleh orang-orang yang benar-benar ingin membantu.

Klinik gratis adalah tempat yang tepat untuk memeriksa masalah yang relatif kecil tanpa biaya sehingga Anda dapat menerima perawatan sederhana atau dibantu dalam mengambil keputusan untuk menerima perawatan khusus untuk masalah Anda.

  

Sumber:

Superyou.co.id

Futuready.com

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132

  • Telephone:(022) 2533783, (022) 2533704

  • Email: jpkmsuryasumirat@gmail.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2022 JPKM Surya Sumirat. All Rights Reserved.